14 Oktober 2013

Strategi Bisnis Sebagai Solusi Alternatif Wirausaha

Tips Bisnis
Dalam dunia usaha, kita memerlukan sejumlah strategi bisnis sebagai solusi alternatif wirausaha. Tanpa menentukan strategi tersebut, kemungkinan usaha akan berjalan di tempat.

Tidak bisa dipungkiri, strategi yang harus dipertimbangkan para pelaku dunia usaha sebagai alternatif wirausaha sangat mempengaruhi berkembang atau tidaknya usaha tersebut.

Wirausaha merupakan salah satu alternatif solusi sebagai sumber utama pencaharian keluarga. Berbagai potensi bisnis yang terdapat dalam wirausaha memiliki prospek yang sangat menjanjikan.  Namun dalam wirausaha tentu saja kita harus memiliki strategi bisnis. Memiliki strategi bisnis untuk usaha yang hendak dijalankan amat penting. Sebab setidaknya kita tahu bakal dibawa kemana usaha yang kita akan rintis ini. Dengan memiliki strategi pula, kita paling tidak sudah menyiapkan rencana untuk hal-hal terburuk, dan harapan untuk hal-hal terbaik, untuk menjadikan bisnis kita menjadi bisnis yang sukses.


Artikel usaha ini khususnya diperuntukkan bagi kita yang mengaku pengusaha, baik yang baru mulai usaha atau pun sudah lama menjalankan usaha. Kira-kira, apa saja strategi bisnis yang bisa  diterapkan? Berdasarkan pengamatan, referensi dan analisa dari berbagai sumber, berikut ini merupakan pengerucutan strategi bisnis yang ditawarkan, yaitu :
  1. Diversifikasi Bisnis. Bagi yang baru memulai bisnis, adalah hal yang bijaksana jika tidak langsung menjalankan strategi bisnis ini. Disarankan lebih baik fokus terlebih dahulu pada bisnis yang sedang dibangun, karena strategi ini tergolong beresiko tinggi. Melakukan diversifikasi bisnis, berarti kita membangun sebuah produk baru untuk dilempar ke pasar (yang mungkin juga baru). Jika tidak diiringi dengan kesiapan yang baik, melakukan diversifikasi dapat menggoyahkan dan bisa jadi malah meruntuhkan bisnis kita sebelumnya.
  2. Strategi menyerang. Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini. biasanya promo besar-besaran dengan segala macam taktiknya dijalankan. Salah satu contohnya seperti menghadirkan program yang menarik bagi konsumen, seperti Beli 2 Gratis 1, Beli 3 Gratis 2, atau Belanja Kelipatan 50.000 Dapat Voucher.
  3. Mengembangkan pasar. Strategi yang ini relatif lebih kalem. Karena dengan produk yang selama ini ada, pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar yang selama ini digarapnya agar bisa lebih maksimal. Strategi ini perlu kejelian dalam melihat pasar. Apalagi bila pasar yang akan dijadikan target adalah pasar riil, demikian pula dengan online marketing yang pasarnya semakin dinamis.
  4. Mengembangkan produk. Berkebalikan dengan strategi bisnis mengembangkan pasar, strategi ini melempar sebuah produk baru pada pasar yang selama ini digarap. Kelebihan strategi bisnis ini adalah karena pasarnya telah dikenali, sedang tantangannya adalah bagaimana membuat produk baru tersebut bisa diterima oleh pasar. 
Demikian beberapa strategi bisnis yang bisa dijadikan pertimbangan untuk mengembangkan dan memperluas bisnis yang sedang kita rintis maupun akan kita pertahankan. Semoga menjadi referensi untuk usaha yang lebih baik. 


(referensi blog : Media Info)
Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan, Tanpa Mengandung Unsur SARA, SEX dan hal-hal negatif lainnya.