30 September 2013

Meningkatkan Ekonomi Dengan Optimalisasi Potensi

Ekonomi Kecil
Meningkatkan Ekonomi usaha kecil dianggap sangat penting dilakukan dengan optimalisasi potensi ekonomi yang ada, mengingat belum meratanya pertumbuhan di berbagai sektor.


Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tercatat selalu di atas 6 % tiap tahun dirasakan belum merata di berbagai sektor usaha. Salah satu sektor yang perlu ditingkatkan adalah usaha kecil menengah UKM atau dalam bahasa pemerintahnya adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dalam situs Kementerian Koperasi dan UKM diungkapkan bahwa Hary Tanoe soedibjo, CEO MNC Group mengatakan ekonomi Indonesia akan tumbuh lebih baik lagi asalkan didukung kebijakan yang baik dan melaksanakannya secara konsisten. Jumlah penduduk usia muda (di bawah 40tahun) yang mencapai 70% dari populasi juga merupakan potensi tersendiri.

"Kita punya semua luxurious factor yang dapat mendorong bangsa kita ke arah lebih baik. Jika dibandingkan dengan China yang sama-sama muda (komposisi penduduknya), sumber daya alam kita lebih besar sehingga seharusnya kita bisa tumbuh lebih baik," ujar Hary pada acara dialog HUT Ke-2 MNC Business Channel bertema "Ketahanan Ekonomi Nasional" di MNC Tower, Jakarta, beberapa waktu lalu.


Menurut Hary, salah satu sektor yang harus mendapat dukungan besar adalah UKM/UMKM yang telah terbukti memiliki daya tahan lebih baik terhadap krisis .dan mampu mengurangi kemiskinan. Namun, perlu ada kebijakan yang memiliki keberpihakan lebih pada pelaku UMKM, salah satunya pemberian kredit bagi UMKM. "Harus diberikan prioritas pinjaman tersebut," tandasnya.


Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang selalu di atas 6,5% membawa dampak terhadap tumbuhnya sektor bisnis UMKM. Dia mencatat, jumlah UMKM di Indonesia saat ini sebanyak 55,2 juta pengusaha. Diharapkan, meningkatnya konsumsi domestik dan menguatnya pasar dalam negeri membuat peran UMKM di dalamnya juga lebih besar. "Insya Allah UMKM akan menjadi tuan rumah di pasarnya (dalam negeri) sendiri," tegasnya.


Dia mengungkapkan, selain pembinaan dan pemberdayaan UMKM, keberpihakan pemerintah terhadap UMKM antara lain diwujudkan melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) bagi pelaku UMKM yang pada tahun ini. 


(sumber blog : mediainfomitra.blogspot.com)
Like This Article:
Share This Article : Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan, Tanpa Mengandung Unsur SARA, SEX dan hal-hal negatif lainnya.