Membuat Blog Gratis Untuk Meningkatkan Usaha

Para pelaku bisnis khususnya yang memanfaatkan internet saat ini sudah banyak yang membuat blog untuk meningkatkan usaha. Salah satu blog gratisan yang digunakan adalah Blogger.

Blog merupakan salah satu media multifungsi. Blog (dikenal juga dengan weblog) sebelumnya digunakan sebagai media interaksi dan berita, lebih kepada mempromosikan aktivitas pribadi. Namun saat ini blog sudah digunakan untuk media promosi, pemasaran dan penjualan produk barang dan jasa. Blog ada yang gratis ada pula yang berbayar. Berbeda dengan website yang memerlukan hosting dan domain, weblog atau blog tidak memerlukan itu (namanya saja gratisan).

Contoh blog dan website misalnya untuk mempromosikan penjual mobil bekas di situs Seva.id.


Membuat Blog


Ada banyak layanan blog gratisan, contohnya blogger.com, wordpress.com, blogdetik.com, blog-roll.info, dan lainnya. Namun kali ini yang akan diulas adalah membuat blog gratis dengan layanan dari blogger.com.

Cara Membuat Blog Gratis Untuk Promosi Usaha dan Meningkatkan Penjualan Produk

Pada dasarnya setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bila ingin membandingkannya satu sama lain. Sebagai contoh wordpress.com memiliki plug in tersendiri sehingga memudahkan artikel yang diposting penggunanya bisa dengan cepat tampil di Google karena memiliki konsep SEO otomatis di plug in tersebut. Namun blogger.com juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh wordpress.com dan layanan lain, apalagi blogger.com adalah 'anak' layanan milik Google sendiri, walaupun sebenarnya tidak menjamin blog itu menjadi lebih baik dibandingkan dengan layanan lainnya. Semuanya tergantung kepada kenyamanan masing-masing pengguna, apakah mereka memiliki manfaat dan keuntungan sendiri bagi mereka atau tidak. 

Langkah awal untuk membuat blog gratis di blogger.com adalah :

1. Anda diwajibkan memiliki sebuah alamat email, saran saya pakailah layanan gmail dari google. untuk membuat email dari layanan google tersebut anda bisa langsung menuju ke Gmail. Untuk mengetahui cara membuat email dapat dibaca pada artikel Membuat Email Google Langkah Awal Membuat Blog.

2. Langkah selanjutnya bila anda telah memiliki sebuah email silahkan kunjungi Blogger.com untuk membuat sebuah blog gratisan dengan contoh url seperti ini http://judulblog.blogspot.com.

3. Klik Daftar pada blogger.com, isilah data data tersebut dengan lengkap. pada kolom pertama masukkan email yang sudah anda buat tadi pada tahap awal. setelah semua data di isi centang tanda Saya menerima Persyaratan dan Layanan. lalu klik Lanjutkan.


4. Anda baru saja membuat akun di blogger.com, selanjutnya silahkan klik Tombol Buat blog, lalu isi Judul Blog, alamat blog, sesuai dengan keinginan anda, setelah semuanya benar lalu klik lanjutkan. silahkan pilih template standar yang sudah disediakan. dalam beberapa saat blog anda pun sudah jadi dengan judul dan url yang anda tentukan tadi.


  • Judul Blog adalah judul yang akan menjadi identitas blog yang akan dijadikan media info anda
  • Alamat blog adalah alamat url dari blog anda, misalnya http://www.judulblog.blogspot.com
  • Template standar adalah template atau rancangan struktur dasar dari blog anda sebagai dasar input konten dan modifikasi blog milik anda, atau pada istilah handphone mirip-mirip dengan tema/theme. 

Bila anda pernah belajar tentang cara untuk membuat rancangan struktur bangunan, maka batu kali, pasir urug, besi cor KS, adalah konten dari struktur bernama pondasi. Demikian pula untuk pintu, kontennya adalah kusen dari susunan kayu, paku. Bila sebuah rumah diibaratkan sebagai blog, maka pondasi, tegakan dinding bata yang disesuaikan dengan sekat-sekat yang sebelumnya sudah digambar di kertas, atap plafon, pintu, jendela, kamar, MCK, dan halaman rumah adalah rancangan dasar berupa template. Untuk menghias rumah, misalnya cat tembok, sofa, kasur, TV, radio, meja makan, bak mandi dan lain-lainnya adalah konten blog berupa artikel, iklan dan sejenisnya yang tentunya sudah disesuaikan dengan rancangan awalnya.


5. Tahap selanjutnya anda tinggal mengklik entri baru untuk membuat sebuah artikel, tergantung minat dan keinginan anda apakah itu berupa artikel usaha, artikel blog, artikel mengenai strategi bisnis, artikel mengenai wirausaha, artikel mengenai pemberdayaan dan banyak lagi.


Mudah-mudahan referensi ini bisa membantu kita semua dalam mengekspresikan cita-cita khususnya bagi para pelaku usaha kecil yang tentunya memerlukan strategi bisnis dan internet sebagai media meningkatkan usaha dan menciptakan peluang bisnis.