7 Langkah Mudah Buat Akun Email Google Sebelum Membuat Blog

Apakah kamu pernah membuka blog atau situs ? Tertarik untuk membuat blog ? Bila ya, langkah awal yang perlu diketahui dalam membuat blog adalah memiliki email.

Ya, email menjadi sangat penting sekarang ini, bukan hanya untuk berbagi surel atau berita ke sesama rekan, antar instansi, namun juga menjadi syarat awal dalam berbagai hal yang, seperti membuat blog atau situs. Misalnya ketika anda membeli mobil di situs Seva.id email wajib anda miliki.

Membuat Blog

Dalam meningkatkan usaha pun, email sudah dianggap menjadi sebuah kebutuhan, karena dalam menyampaikan data maupun penawaran-penawaran kepada mitra usaha dalam waktu yang cepat email merupakan jawaban. Tidak mungkin juga kan bila ada informasi rahasia perusahaan harus dibagi kepada mitra usaha melalui media sosial ?

Lalu bagaimana langkah awal dalam membuat email ? Salah satu media yang menjadi direktori email adalah Google. Perlu diketahui, membuat email di Google belakangan ini terkesan rumit dibandingkan dengan Yahoo! dan lainnya, karena di Google terdapat verifikasi akun yang bisa dipilih dalam 2 opsi, yaitu via sms melalui ponsel, atau melalui panggilan langsung Google ke nomor ponsel kita.

Sebelum sampai pada tahap verifikasi, berikut adalah langkah-langkah dalam membuat email di Google.

1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, bukan browser, saya sarankan untuk menggunakan browser Chrome, karena lebih enak dan cepat menurut saya. Tapi kalau belum download, pakai dulu seadanya. bisa pake Internet Explorer atau Mozila Firefox.


2. Masukan alamatnya URL http://mail.google.com/ atau http://gmail.com . Sehingga tampil gambar seperti di bawah ini. Kemudian pilih tombol [create an account] atau Buat Akun yang berada di pojok kanan atas.

3. Lalu masukan identitas kamu pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, tidak jauh berbeda dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com. 

4. Pendaftaran pada akun gmail lebih ketat dari akun yahoo, sehingga kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel. Caranya tinggal masukkan nomor ponsel kamu pada  Kolom nomor telepon.


5.  Setelah masukkan nomor ponsel, silahkan cek kotak sms yang ada di ponsel kamu. kamu akan mendapatkan sms kode verifikasi dari Google.


6. Masukkan kode dalam sms tersebut ke dalam kotak kode verifikasi yang telah ditampilkan seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tombol Verifikasi.

7. Jika kode verifikasi yang kamu masukkan benar, kamu akan di bawa ke halaman selanjutnya, seperti gambar di bawah ini. Di halaman ini Kamu boleh mengupload Foto profil, atau langsung klik pada tombol  langkah berikutnya.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa verifikasi via sms no telp kadang-kadang bisa tidak terlaksana. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan verifikasi via sambungan langsung panggilan suara, nah pada saat itulah operator memberikan angka-angka yang kita butuhkan sebagai kode verifikasi yang akan kita masukkan dan kita kirimkan.

Bila verifikasi telah diterima, maka kita telah bisa mulai mengelola email kita untuk berbagai kebutuhan, termasuk cara membuat blog. Membuat blog sederhana sebagai media info usaha tergantung ketersediaan email yang ada pada kita. Khususnya blogspot memang harus menggunakan email di google. 


Selamat mencoba.